Sabtu, Februari 23, 2019
Home > Travel > Tempat Anti Mainstream Di Yogyakarta Yang Cocok Untuk Perayaan Tahun Baru

Tempat Anti Mainstream Di Yogyakarta Yang Cocok Untuk Perayaan Tahun Baru

Epistemik.com, Travel – Tak perlu bingung untuk menentukan liburan akhir tahun. Tempat wisata di dalam negeri pun masih sangat menarik untuk merayakan tahun baru tanpa harus bayar mahal ke luar negeri. Salah satu kota yang paling asyik untuk merayakan tahun baru 2017 adalah Yogyakarta.

Kenapa Yogyakarta? Kota budaya yang satu ini menawarkan liburan tahun baru yang berbeda dengan kota-kota lainnya. Yogyakarta bukan hanya sekadar kota kenangan, tetapi juga kota yang memiliki kekuatan magis yang membuat siapapun ingin kembali merasakan kenangan setiap kali bertandang.

Umumnya pada saat malam tahun baru, ribuan orang berkumpul untuk menyaksikan pesta kembang api. Salah satu tempat yang cocok untuk berkumpul bersama keluarga atau bersama teman-teman adalah di Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta. Tempatnya tentu saja lebih besar jika dibandingkan dengan alun-alun Selatan. Aksesnya pun bahkan terbilang lebih dekat dengan jalan Malioboro.

Namun tempat itu sudahlah biasa dan sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin merayakan akhir tahunnya di Yogyakarta. Jika ingin merasakan aktivitas yang sedikit berbeda dengan yang selama ini kamu lakukan di pusat kota, saatnya pergi ke pinggir kota Yogyakarta. Karena ketika berkunjung di Jogja sangat banyak sekali tempat anti mainstream di Yogyakarta yang wajib untuk dikunjungi dan cocok menjadi rekomendasi untuk liburan akhir tahun dan merayakan tahun baru.

Jika masih bingung saat perayaan tahun baru 2018 ingin merayakan dimana dan berlibur akhir tahun dimana? maka saatnya berkunjung ke Yogyakarta dan explore tempat anti mainstream yang instagramable banget:

Hutan Pinus Mangunan Bantul

Hutan Pinus Mangunan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Hutan Pinus Imogiri, merupakan area terbuka yang dipenuhi pohon-pohon tinggi yang menjulang. Karena lokasinya yang tak jauh dari imogiri sehingga banyak orang-orang kerap menyebut Hutan Pinus Mangunan ini dengan nama Hutan Pinus Imogiri.

Letaknya yang berada di Desa Mangunan Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Tak heran kalau banyak pengunjung juga menyebutnya dengan Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul. Jarak dari pusat kota Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul sekitar 23 kilometer. Untuk menuju lokasi ini bisa ditempuh selama kurang lebih 60 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor dari pusat kota.

Hutan Mangunan ini sangat cocok buat yang kurang suka dengan kearamaian dan suka tempat-tempat yang bisa dijadikan sebagai tempat kontemplasi alias merenung dan merencanakan resolusi tahun baru, rasanya kawasan Imogiri bisa dijadikan tempat terbaik untuk melewatkan malam tahun baru.

Disana kamu bisa mendirikan tenda di hutan Pinus Dlingo Mangunan atau mencari penginapan yang dekat dengan Imogiri. Selain bisa mendirikan tenda, kamu juga bisa menikmati sajian alam dengan pemandangan indah sejuta bintang di langit Yogyakarta.

Jangan takut ketika disana tidak bisa foto dan berselfi ria, karena di Hutan Pinus Mangunan sangat instagramable banget. Hutan pinus yang berada dikawasan imogiri in termasuk salah satu tempat paling favorit anak muda untuk swa foto karena banyak spot menarik untuk berfoto.

Tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan Dlingo ini juga terdapat kawasan wisata kebun buah Mangunan dan Puncak Becici yang memiliki gardu pandang instagramable. Jangan lewatkan untuk mengunjungi puncak Becici setelah berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul Yogyakarta. Karena dua tempat di Mangunan ini juga cocok untuk merayakan puncak tahun baru.

Kaliurang

Jika masih susah move on dari pegunungan seperti kawasan Puncak, Bogor, rasanya paling tepat adalah menghabiskan malam tahun baru di kawasan Kaliurang. Selain memiliki udara yang sejuk, kawasan ini juga sangat ramai dengan resto, cafe dan tempat makan anak muda.

Salah satu sudut kota yang sedikit mendaki dengan suasana pedesaan yang dingin adalah Kaliurang. Kawasan Kaliurang sudah lumrah dijadikan tempat liburan akhir tahun dengan menyewa villa bersama keluarga kemudian melakukan aktivitas malam tahun baru dengan bakar bakar sate atau ayam.

Pagi harinya sangat cocok untuk memulai hari baru dengan berjalan-jalan menyusuri sudut-sudut desa sambil menghirup udara yang segar.

Gunung Merapi

Apalagi kalau bukan menikmati sunrise pertama dari puncak ketinggian. Gunung Merapi bukan hanya sebagai tempat yang disakralkan bagi masyarakat Jogja, namun secara geografis Gunung Merapi memiliki kistimewaan karena jika ditarik garis lurus, posisi Gunung Merapi sejajar dengan Keraton hingga Samudera Hindia.

Tak mudah memang untuk mendaki Merapi, ada beberapa base camp yang harus dilewati. Pengalaman melewati malam tahun baru di Merapi hanya bagi kamu yang kuat dan terlatih saja. Bukan perjalanan biasa, semua perlu perencanaan matang.

Salah satu yang ditunggu memang bukan pesta kembang api saat malam hari, melainkan cahaya baru di awal tahun yang akan membuat seluruh badan merasakan kehangatan seperti energi baru di tahun baru.

Gunung Purba Nglanggeran dan Embung Nglanggeran

Salah satu wisata yang memukau adalah Embung Nglanggeran Gunungkidul yang berlokasi di Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada bulan Februari 2013.

Empat tahun tempat ini eksis di kota Gudeg, ternyata pemandangannya luar biasa. Wisatawan dapat menikmati senja di tepi embung tanpa terhalang pepohonan atau perbukitan.

Selain itu, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan Gunung Api Purba Nglanggeran. Uniknya, di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran, terdapat gunung lainnya

Gunung Purba ini masih termasuk dalam kawasan Gunungkidul. Tak heran jika banyak anak muda yang menjadikan Gunung Purba Nglanggeran sebagai wisata edukasi sekaligus wisata selfie yang menandingi Tebing Keraton atau Kalibiru.

Puncak Gunung Purba Nglanggeran berada di ketinggain 700 mdpl. Cukup mudah untuk pendaki amatir. Selain bisa menikmati sunrise, puncak Gunung Purba Nglanggeran bisa juga sebagai spot memotret sunset.

Pantai Lumbung

Jika pantai Parangtritis sudah dianggap terlalu mainstream, saatnya kamu menyusuri pantai-pantai romantis lain di daerah Gunung Kidul. Salah satunya adalah pantai Watu Lumbung. Seperti Tanjung Layar di Bayah, Banten, pantai Watu Lumbung di sebelah Barat Wedi Ombho ini memiliki batu karang di tengah lautan.

Pantai Siung

Jika kamu memilih pantai yang masih sepi dan cocok buat berpetualang, rasanya Pantai Siung cocok buat kamu yang introvert. Selain sepi dari keramaian, Pantai Siung punya karakter yang berbeda.

Kamu akan disuguhi dengan pemandangan batu karang di pesisir pantai. Terlebih dalam perjalanan menuju pantai Siung juga menjadi suguhan yang menawan dari batu kapur dan jejeran pohon jati yang berderet rapi.

Bukit Bintang

Bukit Bintang di Jogja terletak di jalan Yogya-Wonosari, tepatnya di kilometer 16. Lokasi ini adalah salah satu tempat terbaik untuk mengamati kota Jogja di malam hari dari ketinggian dan tentunya cocok untuk dijadikan tempat malam tahun baru di Jogja.

Untuk menemukannya juga tidak sulit karena Bukit Bintang ini bisa dibilang sangat dekat dari jalan raya utama. Kamu dan teman-teman bisa menghabiskan malam di sana sambil menikmati suasana.

Saat pergantian tahun tiba, maka kembang api dari seluruh Jogja bisa diamati dari atas sana. Dan semua itu akan sangat indah dan juga tidak ada hentinya meramaikan suasana.

Bagaimana, sudah dapat ide buat liburan tahun baru di Yogyakarta? Pastikan perayaan tahun baru kali ini cukup di Indonesia saja, tepatnya ya di Yogyakarta dengan mengunjungi tempet-tempat anti mainstream yang ada dikawasan wisata Yogyakarta. (FR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *