Senin, Mei 20, 2019
Home > Travel > 12 Paket Wisata Di Grobogan Jawa Tengah Siap Manjakan Wisatawan

12 Paket Wisata Di Grobogan Jawa Tengah Siap Manjakan Wisatawan

Epistemik.com, Travel – Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah berupaya menggenjot penataan desa wisata di wilayahnya.

Rencananya, tahun 2018, sebanyak 12 desa wisata yang dipersiapkan segala penunjangnya itu akan dipromosikan sebagai bagian dari paket wisata di daerah ini.

Kepala Disporabudpar Kabupaten Grobogan, Karsono, menyampaikan tahun sebelumnya, pihaknya fokus dalam sosialisasi dengan masyarakat terkait desa wisata. Sementara di tahun ini, Disporabudpar Grobogan rutin memberikan pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat sekitar desa wisata.

“Segala penunjang desa wisata bertahap kami benahi setelah bekerja sama dengan pihak desa. Mulai dari perbaikan infrastruktur, manajemen lembaga desa dan pembentukan forum desa wisata. Termasuk pelatihan klaster pariwisata dengan mengangkat potensi desa seperti suvenir, kuliner, seni budaya dan agro,” kata Karsono, Rabu (8/11/2017).

“Tahun 2018, 12 desa wisata akan dimasukkan sebagai paket wisata di Grobogan,” sambungnya.

Sementara itu Kepala Seksi Destinasi Wisata Disporabudpar Kabupaten Grobogan, Purwanti Widiyaningrum, menjelaskan, 12 desa wisata itu diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Ke-12 desa wisata itu berlokasi di Kecamatan Purwodadi, Godong, Gubug, Grobogan, Tawangharjo, Kradenan dan Gabus.

“Ada juga program penguatan lembaga desa wisata tahun 2018-2021. Desa wisata di Grobogan akan semakin memanjakan wisatawan dengan potensi yang ada. Ada wisata alam, agro dan religi. Sebut saja Goa Maria, Goa Macan, Rumah Fosil, Makam Ki Ageng Joko Tarub, dan Ki Ageng Selo,” kata Purwanti. (Nugroho-Kompas.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *